Sabtu, 12 Juni 2010

Warga Nganjuk Sambut Kirab Adipura

Kabupaten Nganjuk meraih penghargaan Adipura dengan predikat terbaik 2 se-Jawa Timur dan peringkat 6 Tingkat Nasional untuk kategori Kabupaten Kecil.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas peraihan tersebut, Pemkab Nganjuk mengadakan Kirab Adipura yang dilaksanakan pada Rabu, 9 Juni 2010. Kirab tersebut disambut gegap gempita oleh warga Nganjuk. Ini terlihat dari antusiasme masyarakat mengikuti kirab Adipura dengan menggunakan sepeda motor dan khusus di dalam wilayah Kecamatan Nganjuk peserta kirab juga menggunakan sepeda.

Kirab dimulai dari Kecamatan Kertosono melintasi wilayah Kecamatan Nganjuk dan Loceret serta berakhir di Pendopo Kabupaten Nganjuk dengan menempuh jarak sekitar 35km.

Upacara pelepasan yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kertosono dipimpin langsung oleh Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman ditandai dengan penyerahan Piala Adipura dari Bupati kepada Camat Nganjuk Suharono selaku pimpinan rombongan kirab, sedangkan tampil sebagai komandan upacara adalah Camat Sawahan Eko Sutrisno.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu Nganjuk dalam meraih adipura kali ini dan berharap agar dapat mempertahankannya terlebih lagi untuk menciptakan Nganjuk yang lebih sejahtera.

Sesampainya di Pendopo Kabupaten Nganjuk piala adipura diserahkan kembali dari Suharono ke Bupati yang didampingi Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk serta Muspida.

“Mudah-mudahan dengan apa yang telah kita capai kali ini, kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi” tandas Taufiq.

Sementara itu pada Selasa 8 Juni 2010 kemarin, Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan lingkungan “KALPATARU” kepada 12 orang yang telah berjasa besar dalam perlindungan dan pelestarian lingkungan di Indonesia.

Pemberian penghargaan dalam upacara resmi kenegaraan ini dilakukan di Istana Negara Jakarta pada puncak acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Setiap tahun, penghargaan lingkungan Kalpataru ini diberikan secara rutin sejak tahun 1980 oleh Presiden RI dalam upacara kenegaraan setiap tanggal 5 Juni.

Sumadi, warga Kelurahan Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, yang juga PNS di Dinas Kesehatan, meraih penghargaan tersebut. Dia berhasil memotivasi masyarakat untuk membudayakan cara hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan. Melalui berbagai forum pertemuan dan penyuluhan yang dilaksanakan secara terus-menerus di lingkungan masyarakat desa.
(korek_api_news)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar